Senin, 07 Juli 2014

"Hidup Suarez Takkan Berjalan Mudah!"

Senin, 7 Juli 2014 - 11:22 wib | Rintani Mundari 





Luis Suarez. (foto: Zimbio)LIVERPOOL Tindakan kontroversial yang dilakukan Luis Suarez di ajang sebesar Piala Dunia tampaknya akan menjadi sejarah. Dan semua orang akan mengenal Suarez sebagai seorang “drakula” di lapangan sepakbola.

Takkan ada yang melupakan bagaimana bintang Liverpool itu menggigit punggung sebelah kiri pemain internasional Italia, Giorgio Chellini di laga pamungkas babak penyisihan grup. Akibat tindakan tidak terpujinya itu, sang pemain pun diganjar hukuman berupa larangan aktif dalam sepakbola selama empat bulan dan denda sebesar 66 ribu pounds!

Meski begitu Komite Disiplin FIFA mengizinkan Suarez untuk melakukan tes medis di Barcelona ter terkait proses transfer bintang Liverpool itu ke Camp Nou. Bukan rahasia, apabila Raksasa Catalan begitu berambisi mendapatkan jasa pemain internasional Uruguay itu dan tampaknya hal tersebut akan terealisasi pada jendela transfer musim panas ini.

Pemain terbaik sekaligus kontroversial Bulgaria dan Barcelona era 1990-an, Hristo Stoichkov turut angkat suara. Menurutnya, Suarez selalu menjadi sasaran dan ditandai baik oleh wasit maupun pemain lawan, sebagai pemain yang “hobi” menggigit, sekali pun bermain di Spanyol.

“Aksi gigitnya akan menjadi masalah, karena Suarez akan dicap (sebagai penggigit) seumur hidup. Bermain di Barca dengan apa yang telah dilakukannya adalah sebuah masalah,” tegas Hristo Stoichkov kepada Univision TV, Senin (7/7/2014).

“Semua lawan, wasit, dan media akan membuat hidupnya sulit. Ia harus bermain antara provokasi dan perhatian media yang akan menyebabkan keteganan secara permanen. Pemain lawan akan memprovokasi Anda dan membuat Anda melakukan kekerasan, dan membuat Anda dikeluarkan dari permainan,” tuturnya.

“Setiap pertandingan adalah perang psikologis dan kemudian ada media. Tidak mudah untuk menjalani hidup seperti ini. Apa yang akan datang ke Luis tidak akan mudah. Tapi sekarang, bagaimanapun, ia harus selalu bersikap positif,” tuntas pria berusia 48 tahun itu.

Sebagai catatan, deretan prestasi selama aktif sebagai bintang lapangan membuat Stoichkov dianugerahi pemain terbaik Bulgaria sepanjang masa. Namun, di balik kehebatannya, ia dikenal sebagai pemain kontroversial. Ia pernah menerima hukuman dari asosiasi sepakbola Bulgaria karena terlibat dalam perkelahian Piala Bulgaria 1985. Ia pun dikenai sanksi larangan hukuman bermain tiga bulan hingga setahun.

Akan tetapi sanksi itu ternyata tak membuat Stoichkov jera. Ia kembali melakukan pelanggaran dengan menginjak kaki wasit pada musim perdananya bersama Barcelona, 1990 silam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar